Memulai Proyek Sederhana Menggunakan FPGA

Proses desain FPGA mempunyai urutan yang hampir sama di setiap produk FPGA dengan melibatkan perangkat lunak (software):

  • Pilih proyek yang hendak dibuat (memilih nama proyek, perangkat FPGA, bahasa deskripsi perngkat keras atau skematik atau diagram finite state, dan sebagainya)
  • Tambahkan file ke proyek (deskripsi hardware description language (HDL) perangkat FPGA dan testbench untuk simulasi watak (behavior)).
  • Simulasikan desain.
  • Sintesis (proses dilakukan secara otomatis untuk menterjemahkan netlist dari deskripsi HDL).
  • Implementasi dan akan dibuat bitstream.

Contoh spesifik dari sebuah proyek FPGA Xilinx sederhana dilakukan pada FPGA Spartan-3E menggunakan Starter Kit FPGA Spartan-3E (starter kit tidak diperlukan untuk membuat sebuah proyek dan untuk menghasilkan bitstream, tetapi diperlukan untuk memastikan bahwa desain bekerja di perangkat keras). Langkah-langkah yang digunakan untuk mengkonfigurasi FPGA vendor lain pada dasarnya sama.

Membuat proyek

Dalam proyek ini menggunakan software Xilinx ISE 9.21. Pertama kali untuk membuat proyek, pilih File-> Item menu New Project. Sebuah dialog akan muncul menanyakan untuk memilih nama proyek, lokasi proyek dan top-level source (pilih HDL). Pilih Next untuk setup parameter proyek awal.

Untuk membuat desain untuk Spartan-3E Starter Kit, pilih XC3S500E dengan package FG320 sebagai perangkat keras FPGA yang digunakan. Bahasa HDL yang digunakan adalah VHDL.

Dialog selanjutnya menawarkan untuk membuat dan / atau menambahkan file ke proyek. Silahkan pilih sendiri atau ingin membuat dari awal.

Sekarang, proyek siap untuk digunakan. Jendela ISE utama meliputi sidebar, yang ditempatkan di sisi kiri secara default. Bagian atas sidebar menampilkan daftar file proyek semuanya, dan bagian lainnya yang digunakan untuk file yang dipilih di bagian atas dan bawah.

Post Author: ferrywahyu

My name is Ferry Wahyu Wibowo. I’m interested in the research field of intelligent reconfigurable systems. This field is combination between artificial intelligent and reconfigurable computing. Nama saya Ferry Wahyu Wibowo. Saya tertarik dalam bidang penelitian sistem yang dapat direkonfigurasi cerdas. Bidang ini merupakan kombinasi antara kecerdasan buatan dan komputasi yang dapat direkonfigurasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.